memakai masker bengkoang

Cara Membuat Masker Bengkoang untuk Merawat Kesehatan Wajah

Kamu ingin memiliki kulit wajah yang putih bersih, halus, dan mulus? Tidak perlu khawatir lagi, kamu tidak perlu menggunakan perawatan yang serba modern, canggih, dan harganya mahal.

Kekayaan alam di Indonesia memungkinkan kita untuk eksplorasi berbagai bahan alami yang ternyat memilki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, terutama kesehatan kulit wajah.

Bahan-bahan alami yang dapat dengan mudah kita dapatkan di pasar tradisional. Harganya pun sangat terjangkau dan bisa kita olah lalu gunakan menjadi masker untuk perawatan kulit wajah. Salah satu bahan alami tersebut adalah bengkoang.

Bengkoang

Bengkoang
healtyfact.blogspot.co.id

Nama bengkoang tentu sudah tidak asing lagi bagi kita yang tinggal di negara tropis. Bengkoang adalah salah satu umbi yang dapat kita makan karena rasanya manis dan menyegarkan.

Kebanyakan masyarakat Indonesia mengonsumsi bengkoang sebagai cemilan atau makanan pencuci mulut. Padahal, bengkoang juga memiliki manfaat lain, terutama untuk perawatan kulit dan wajah.

Bahkan, jauh sebelum adanya produk perawatan wajah modern seperti sekarang ini, benkgkoang sudah banyak digunakan sebagai bahan baku perawatan wajah sejak zaman dahulu.

Kandungan Bengkoang

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para pakar kesehatan, bengkoang memiliki manfaat kimiawi dan farmakologis yang dingin, manis, dan juga menyejukkan. Tidak heran jika bengkoang memiliki sensasi yang dingin dan segar keti kita makan.

Selain itu, kandungan antiseptik yang ada di dalam bengkoang bisa mengatasi kulit gatal, serta membuat kulit jadi kencang. Kandungan gizi di dalam bengkoang ada banyak, seperti kalsium, fosfor, Besi, Vitamin A, Vitamin B1, dan Vitamin C, folat, thiamin, asam pantotenat, riboflavin, piridoksin, pachyrhizon dan kandungan gizi lainnya.

Masker Bengkoang Dasar

bengkoang
tigakali.com

Cara membuat masker dari bengkoang yang pertama ini sangat mudah, kamu tidak memerlukan bahan tambahan apapun. Walaupun hanya bengkoang saja, tapi khasiatnya bagus untuk perawatan wajah Anda.

Siapkan beberapa buah bengkoang yang masih segar, kamu bisa menggunakan 2 sampai 3 buah bengkoang untuk sekali pemakaian.

Perlu diperhatikan saat kamu memilih bengkoang yang akan dipakai, pastikan bengkoang yang kamu gunakan masih segar dan sudah matang, jangan gunakan yang sudah busuk ataupun masih terlalu muda. Setelah itu bersihkan bengkoang dengan air mengalir.

Kupas dan potong-potong buah bengkoangnya menjadi bagian-bagian kecil untuk memudahkan ketika kita membuat masker.

Kemudian parut buah bengkoang yang sudah dikupas dan dipotong-potong tadi. Pastikan kamu memarut sampai bengkoang benar-benar jadi lembut dan halus. Lalu taruh pada sebuah wadah agar tidak kotor.

Hasil parutan bengkoang bisa langsung kamu oleskan pada seluruh wajah secara merata. Kamu juga bisa mengendapkan sari dari parutan bengkoang terlebih dahulu sampai kering, lalu dibuat menjadi bubuk bengkoang.

Setelah dioleskan pada wajah, biarkan sekitar 15-30 menit.

Setelah mengering, bilas wajah dengan air bersih, dan lakukan langkah ini secara rutin minimal selama satu minggu berturut-turut agar hasil yang didapatkan maksimal.

Masker Bengkoang Jeruk Nipis

Cara membuat masker bengkoang yang berikutnya bisa dibilang cukup efektif dalam perawatan wajah. Karena, jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang berkhasiat menghilangkan flek hitam pada wajah. Selain itu, masih ada banyak manfaat buah yang asam ini untuk perawatan wajah.

Menggabungkan dua buah yang segar, bengkoang dan jeruk nipis tentu bisa memberikan manfaat maksimal pada wajah Anda. Selain jeruk nipis, kamu juga bisa menggunakan lemon agar hasil yang didapatkan lebih baik.

  1. Pertama, buat cairan endapan bengkoang seperti cara pertama.
  2. Setelah mendapatkan endapan bengkoang, campur dengan air jeruk nipis, aduk sampai merata.
  3. Sebelum menggunakan masker ini, basuh wajah terlebih dahulu dengan air hangat agar pori-pori wajah bisa terbuka.
  4. Kemudian, oleskan masker bengkoang+jeruk nipis pada wajah secara merata.
  5. Diamkan selama kurang lebih 40-60 menit.
  6. Setelah itu, bilas wajah dengan air dingin dan keringkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *