4 Cara Merawat Hewan Peliharaan Kelinci yang Benar di Rumah

CARA MERAWAT HEWAN PELIHARAAN –  Binatang yang lucu ini memang memiliki kemampuan beradaptasi yang tinggi. Bahkan kalau rumah Anda di perkotaan pun dia akan mudah berbahagia dengan kondisi tersebut. Namun, cara merawat hewan peliharaan kelinci itu tidak semudah yang dibayangkan.

cara merawat hewan peliharaan
pixabay.com

Melewatkan banyak waktu dengan kelinci kesayangan bisa menghambat pikiran stres. Sebagai gantinya, Anda akan berbahagia bersama sang kelinci. Apalagi kalau dia sudah punya keturunan banyak. Wah! Lantas, bagaimana cara merawatnya dengan benar?

[toc]

1. Sediakan Tempat Tinggal yang Nyaman

cara merawat hewan peliharaan
pixabay.com

Tempat tinggal kelinci tergolong unik daripada binatang lainnya. Kalau Anda beli versi kandangnya, sesuaikan dengan ukuran dan berat badan si kelinci. Kalau kelinci Anda memiliki berat 3,6 kg, maka rincian kandangnya punya 1,2 m x 0,6 m x 0,6 m.

Rumus panjang x lebar x tinggi itu wajib diterapkan kalau mau beli kandang kelinci. Ciri-ciri kandang yang bagus itu memiliki bahan dasar yang kuat dan tidak mudah rusak. Pastikan juga kalau kandang kelinci juga aman biar bulu-bulunya tidak mudah rontok.

Kalau tanah Anda cukup luas, bisa bikin tempat tinggal sendiri untuk si kelinci. Biasanya kelinci akan bersembunyi sekaligus beranak di lubang. Nah, usahakan tanahnya jangan terlalu keras, biar dia mudah saat melakukan penggalian.

2. Sediakan Kebutuhan Perut Si Kelinci

cara merawat hewan peliharaan
pixabay.com

Setelah tempat tinggal, saatnya melompat ke persediaan perut binatang lucu ini. Makanan kesukaan kelinci itu rumput jerami. Jadi sediakan setiap kali si kelinci mau makan. Bisa pula diselingi dengan rumput lain, misalnya brome, oat, ataupun timothy.

Wortel juga? Betul! Kelinci itu juga sangat menyukai wortel. Lebih baik cara merawat hewan peliharaan ini dengan memadukan wortel ke makanan lain. Tapi biasanya kelinci itu suka versi mentahnya. Jadi sediakan apa yang dimau saja.

Jangan lupa untuk menghindari makanan yang tidak disukainya. Bahkan gara-gara tidak suka, bisa-bisa memancing penyakit untuk menggerogoti kesehatannya. Makanan apa saja? Sebut saja kacang polong, kentang, bawang, selada, tomat, jagung, biji-bijian, dan lainnya.

3. Sediakan Waktu Khusus untuk Bermain dan Berolahraga

cara merawat hewan peliharaan
pixabay.com

Hampir sama dengan hewan peliharaan lainnya. Kelinci juga suka bermain-main dengan manusia. Tapi syaratnya Anda harus akrab dulu dengan binatang lucu ini. Kalau belum akrab, jangankan bermain, melihat Anda saja mungkin masih malu-malu.

Ketika kelinci tersebut masih berada dalam tahap adaptasi, biarkan dia melakukan aktivitas semaunya. Kelinci itu suka sekali lompat-lompat dan lari-larian. Begitulah caranya berolahraga sekaligus bermain. Meskipun tempatnya aman, dia selalu mengasah skill itu.

Kalau sudah akrab dengan Anda, barulah berikan mainan kesukaannya. Bisa dengan boneka, bola, kotak kardus, atau mainan yang bisa dibikin dari kertas. Tapi jangan sekali-kali mengangkat kelinci lewat telinganya. Nanti bisa bikin kelinci Anda stres.

4. Jagalah Kesehatan Kelinci Anda

cara merawat hewan peliharaan
pixabay.com

Kesehatan itu sangat diperlukan untuk kelinci, terutama kalau dia masih dalam tahap pertumbuhan. Hewan ini bisa menjadi indikator untuk tempat-tempat yang bersih. Jadi, ketika dia tinggal di tempat yang agak kotor saja, penyakit akan mudah menyerangnya.

Jadi, jagalah kebersihan tempat tinggal kelinci Anda. Termasuk kandang, kalau pakai kandang. Kemudian cuci kandang tersebut secara berkala dengan air hangat dan juga sabun. Kenapa air hangat? Soalnya bakteri jahat tidak suka dengan air hangat.

Untuk menghindari dehidrasi, tempatkan kandang di suhu sekitar 15-21 derajat celsius. Kelembapan bagi kelinci juga punya peranan yang penting. Tapi jangan terlalu berair. Secara berkala, misalnya dua hari sekali, bersihkan bulu kelinci dengan cara menyikatnya.

Kalau betul-betul dirinci, cara merawat hewan peliharaan kelinci itu tidak mudah, kan? Tapi semuanya akan berjalan lancar kalau dilakukan dengan senang hati. Bahkan bisa jadi kelinci yang Anda pelihara menjadi sahabat hidup Anda dalam waktu yang lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *