Contoh Kumpulan Resensi Novel Fiksi Indonesia

Contoh Kumpulan Resensi Novel – Bagi seorang pembaca dan pengamat buku, resensi menjadi istilah yang tidak baru lagi. Pada dasarnya meresensi buku merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk menilai atau mengkritisi sebuah karya milik orang lain yang telah ia konsumsi. Selain buku, karya seni lainnya yang bisa diresensi antara lain, film, drama, dan juga puisi.

Tujuan seseorang meresensi buku adlaah memberikan penilaian terhadap karya orang lain. Bukan sekedar memberi penilaian asal, melainkan diulas menjadi bahasan yang singkat, padat, dan jelas, serta dibumbui kritik, seperti kelebihan atau kekurangan atas apa yang disampaikan sang penulis.

Tentu saja tujuan ini bukan tanpa manfaat. Beberapa manfaat yang bisa didapat ari meresensi buku, yaitu sebagai ladang penghasil uang, meningkatkan kreativitas, media promosi suatu buku, dan tentu saja sebagai bahan rekomendasi kepada calon pembaca lainnya.

Resensi uku terdiri dari beberapa kategori, yaitu resensi buku pengetahuan atau ilmiah, resensi buku non-fiksi, dan resensi buku novel fiksi. Kali ini yang akan kami bahas adalah mengenai kumpulan resensi novel fiksi.

Serba-Serbi Kumpulan Resensi Novel Fiksi

Meresensi buku bukanlah pekerjaan asal-asalan. Seorang penulis atau peresensi buku harus memahami beberapa unsur untuk memudahkan dalam hal teknis. Ada unsur intrinsik, yang terdiri dari tokoh, tema, alur, latar, sudut pandang, gaya bahasa, dan pesan moral. Ada juga yang disebut unsur ekstrinsik, yang tediri dari latar belakang sang penulis, kondisi sosial yang terjadi, dan nilai-nilai yang terkandung yang meliputi sosial-budaya, moral, dan estetika.

Dalam sebuah resensi, seseorang harus melakukan beberapa tahapan. Pertama, tentu saja membaca buku yang akan diresensi. Kedua, mengamati fisik dan tentunya isi buku. Ketiga, merangkum isi buku atau membuat sinopsisnya. Keempat, menunjukkan kekurangan dan kelebihan isi buku secara jujur. Kelima, menuliskan persepsi pribadi tentang keseluruhan isi buku. Keenam, meresensi dan kemudian menyunting.

Contoh Membuat Resensi Novel Fiksi Indonesia

Four open books in the colored cover on the table made of boards.A stack of books in the colored covers on the table with a red tablecloth. Still life with books.

Berikut ini adalah contoh resensi singkat novel fiksi Indonesia berjudul Pulang karya Leila S. Chudori:

  1. Tuliskan informasi lengkap mengenai buku tersebut.

Biasanya informasi mengenai yang terdiri dari:

  • Judul buku
  • Penerjemah
  • Penerbit
  • Tahun Terbit
  • Cetakan
  • Tebal Buku
  • Harga Buku
  • Penulis
  1. Berikan informasi mengenai latar belakang penulis. Misalnya:

Leila S. Chudori lahir di Jakarta, 12 Desember 1962. Ia adalah penulis yang sudah tersohor namanya dan menghasilkan karya-karya luar biasa. Beberapa karya awalnya dipublikasikan saat usianya masih sangat muda, yaitu 12 tahun, terbit di majalah Si Kuncung, Kawanku, dan Hai.

Pada usia dini ia juga berhasil membuat sebuah buku kumpulan cerpen berjudul Sebuah Kejutan, Empat Pemuda Kecil, dan Seputih Hati Andra. Leila kemudian melanjutkan studinya ke Lester B. Person College of Pasific di Kanada dan melanjutkan studi ke Political Science and Comparative Development Studies University Tent, Kanada.

Nah, kemudian Anda bisa melanjutkan latar belakang penulis dengan segala informasi yang berkaitan dengan dirinya dan novel terkait.

  1. Sinopsis

Tulislah sinopsis singkat mengenai keseluruhan isi buku, berikut konflik dan penyelesaiannya

  1. Kelebihan dan kekurangan buku

Setelah membacanya, tentu ada hal-hal yang menurut Anda menjadi kekuatan dan kelemahan dari buku tersebut. Dalam sebuah resensi, membubuhkan kelebihan dan kekurangan adalah suatu hal yang wajar, bahkan wajib dilakukan.

  1. Kritik dan saran

Berikan kritikan terhadap hal-hal yang harus dikritisi dalam bukunya dan berikan saran pada penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *