taman ujung kulon

Contoh Sinopsis Buku Ilmiah Berjudul ‘Mengenal Energi Panas Bumi’

Contoh Sinopsis Buku Ilmiahtibuku.com – aku membaca maka aku ada

Buku Ilmiah merupakan buku yang berisi dan membahas tentang teori-teori ilmiah suatu bidang keilmuwan yang telah berkembang. Buku ilmiah biasanya dijadikan buku bahan ajar atau referensi bagi tenaga pendidik. Buku semacam ini juga bisa dijadikan sebagai referensi untuk membuat karya ilmiah, di mana isinya berdasarkan fakta-fakta. Salah satu contoh buku ilmiah yang bisa Anda temui di Indonesia adalah sebuah buku karya M. Th. Kristiani yang berjudul ‘Mengenal Energi Panas Bumi’ yang diterbitkan oleh PT Intan Sejati pada tahun 2008.

Informasi dan Ringkasan Isi Buku ‘Mengenal Energi Panas Bumi

Judul Buku      : Mengenal Energi Panas Bumi

Pengarang      : M. Th. Kristiani

Penerbit           : PT Intan Sejati

Tahun Terbit    : 2008

Tebal Buku      : 60 lbr

Harga Pasaran            : –

Sinopsis           :

Sesuai dengan judulnya, buku ini memperkenalkan kepada para pembacanya mengenai energi panas bumi. Energi panas bumi adalah salah satu energi alternatif yang manifestasinya dalam berbagai bentuk. Misalnya, seperti air panas, kolam lumpur panas, fumarole, telaga warna, dan tanah beruap.

Di dalam buku ini juga dijelaskan, bahwa panas bumi hampir selalu ada di dataran tinggi atau di daerah pegunungan. Hal ini karena adanya aktivitas panas bumi yang terjadi pada gunung-gunung berapi, maupun gunung yang sudah tidak aktif. Energi panas bumi bisa dikategorikan sebagai energi terbarukan, sebab sifatnya yang ramah lingkungan. Energi panas bumi juga dapat menghemat bahan bakar fosil dan tidak dapat diekspor. Sumber utama energi ini adalah berasal dari magma.

Disclosed book on a table. Close-up.

Energi panas bumi dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik, kegiatan pertanian, pendingin ruangan, pemanas ruangan, dan sebagainya. Potensi energi panas bumi di Indonesia cukup banyak mengingat banyaknya gunung api atau daerah-daerah vulkanik yang ada di Indonesia, di antaranya Pulau Sumatera, sepanjang Pulau Jawa-Bali, NTT, NTB hingga Laut Banda, Halmahera, dan Pulau Sulawesi. Sayangnya, Indonesia termasuk negara yang paling sedikit memanfaatkan energi panas bumi.

Cara mendapatkan energi panas bumi adalah dengan melakukan pengeboran di sekitar daerah termal. Sebagai sumber panas yang dimanfaatkan secara langsung, energi ini menggunakan pipa yang diarahkan langsung ke dalam perut bumi. Panas bumi sebagai pompa panas yang dipompa langsung dari perut bumi.

Kelebihan dan Kekurangan Buku ‘Mengenal Energi Panas Bumi’

Ada beberapa kelebihan dan tentunya kekurangan yang terdapat pada buku ini. Buku ini memang tergolong tipis, yaitu hanya kurang dari 100 lembar. Namun, sang penulis mampu menjelaskan secara detil mengenai definisi energi panas bumi. Buku ini juga menjabarkan cara memperoleh dan apa saja pemanfaatan yang bisa dilakukan menggunakan energi panas bumi. Kelebihan dari pemanfaatan energi panas bumi juga disebutkan dalam buku ini. Sehingga, setiap pembacanya bisa mencerna dan ‘melahap’ banyak hal mengenai apa saja yang perlu diketahui tentang energi panas bumi. Buku ini sangat cocok menjadi bahan ajar atau sekedar pemuas rasa ingin tahu mengenai energi panas bumi.

Sayangnya, penulisan kelebihan buku ini tidak disertakan dengan kekurangan dari pemanfaatan energi panas bumi. Sehingga, informasi yang diberikan dalam buku ini sedikit jomplang. Padahal, untuk buku yang cukup detil seperti ini, perihal kelebihan akan lebih sempurna jika dilengkapi dengan kekurangan dari suatu pemanfaatan. Selain itu, ada beberapa istilah yang penjelasannya terpisah di halaman lainnya. Terdapat pula beberapa istilah yang kurang bisa dipahami karena tidak dijelaskan definisinya dalam buku. Padahal, buku ilmiah sudah seharusnya terdapat penjelasan suatu istilah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *