fungsi diagram sequence

Pengertian, Komponen, dan Fungsi Diagram Sequence

Fungsi Diagram Sequence – Diagram sequence adalah salah satu jenis diagram interaksi dalam UML (Unified Modeling Language). Dibanding dengan diagram communication dan diagram timing, diagram sequence lebih mudah untuk dipahami sehingga tidak mengherankan jika pengguna diagram ini lebih banyak.

Berikut ini ada ulasan lengkap mengenai diagram sequence meliputi pengertian, komponen dan fungsi diagram sequence.

Pengertian Diagram Sequence

pengertian diagram Sequence
ngampus.id

Diagram sequence pada dasarnya merupakan jenis diagram interaksi yang menggambarkan bagaimana sekelompok objek bisa bekerja bersama sesuai dengan urutannya masing-masing.

Oleh sebab itu, jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, diagram sequence bisa diartikan sebagai diagram urutan. Selain itu, diagram sequence biasanya juga dikenal dengan sebutan event diagrams atau event scenarios.

Penggunaan diagram sequence ini dapat menjelaskan serangkaian langkah-langkah proses pengiriman pesan yang dilakukan satu lifeline ke lifeline lainnya. Setiap pesan yang terkirim dapat memberikan reaksi relatif pada rancangan skenario yang dibuat di Use Case Diagram.

Interaksi yang terjadi sifatnya dapatĀ  berupa instansiasi dari sebuah objek atau bisa juga memiliki sifat static method dari sebuah class.

Komponen Diagram Sequence

fungsi diagram sequence
2.bp.blogspot.com

Ada empat komponen diagram sequence yang perlu diketahui, yaitu terdiri dari Object, Activation Boxes, Actors dan Lifeline. Untuk lebih jelasnya, simak saja masing-masing definisi dari komponen diagram sequence berikut ini:

  1. Object

Komponen diagram sequence yang satu ini digambarkan dalam bentuk kotak yang fungsinya untuk mewakili class atau object. Komponen ini mendemonstrasikan bagaimana sebuah object berperilaku pada sebuah sistem.

  1. Activation Boxes

Komponen diagram sequence ini bentuknya persegi panjang yang berfungsi untuk menggambarkan waktu yang diperlukan object agar bisa menyelesaikan tugas yang diberikan kepadanya. Jika waktu yang diperlukan lebih lama, maka secara otomatis gambaran dari persegi panjang yang melambangkan activation boxes juga akan semakin panjang

  1. Actors

Komponen yang digambarkan dalam bentuk stick figure ini sesuai namanya melambangkan pengguna yang berinteraksi dengan sistem

  1. Lifeline

Komponen ini digambarkan dalam bentuk garis putus-putus dan biasanya juga memuat kotak dengan isi sebuah object. Fungsi utama komponen ini dalam diagram sequence adalah untuk menggambarkan aktifitas yang dilakukan object.

Fungsi Diagram Sequence

  1. Menganalisa Identifikasi Pembuatan Sistem

Menggunakan diagram sequence ini akan membuat Anda bisa lebih fokus dalam mendesain sekaligus menganalisa pembuatan sistem dengan cara yang lebih mudah untuk dipahami

  1. Alat Komunikasi ke Bagian Teknis

Menggunakan diagram sequence akan lebih memudahkan Anda untuk mengkomunikasikan kebutuhan sistem yang akan digunakan kepada bagian teknis. Komunikasi menggunakan diagram ini akan lebih mudah dibaca, dipahami dan juga diterapkan.

  1. Memudahkan Proses Pembuatan Model Use Case

Jika dibandingkan jenis diagram interaksi lainnya, diagram sequence ini lebih mudah untuk digunakan saat Anda sedang mengembangkan model deskripsi use case agar menjadi spesifikasi desain.

  1. Memudahkan Proses Memodelkan Logika

Diagram sequence juga akan membuat Anda lebih mudah dalam proses memodelkan logika dari metode operasi atau prosedur

  1. Memvisualkan Aliran Pesan Lebih Mudah

Menggunakan diagram sequence akan lebih memudahkan Anda untuk memvisualkan pesan dan tugas yang bergerak di antara objek ataupun komponen lainnya dalam suatu sistem.

Mempelajari diagram sequence berarti Anda akan mengetahui bagaimana cara menerapkan objek yang satu dengan yang lainnya agar bisa menggambarkan hubungan yang lebih dinamis antar objek tersebut.

Dengan kata lain fungsi diagram sequence akan membuat Anda bisa menggambarkan bahwa hubungan yang dinamis antar objek sehingga dapat bekerja sama sesuai dengan urutan yang telah ditentukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *