Biji kopi

Jenis Kopi Nikmat dari Nusantara

Minuman kopi adalah minuman ayng dihasilkan dari seduhan biji kopi giling. Ada dua varietas kopi yang paling terkenal di dunia yaitu Robusta (Coffea canephora) dan Arabika (Coffea arabica). Kedua jenis kopi tersbut memiliki spesies yang berbeda.

Umumnya, perbedaan kopi terletak pada rasa, kondisi alam di mana dua jenis kopi ini tumbuh akan memengaruhi cita rasanya. Kalau bicara rasa, Arabica variasi rasanya lebih beragam, ada yang berasa lembut, manis, kuat, dan tajam. Tapi, ada juga kopi yang dipadukan dengan berbagai herbal, seperti Kopi Radix Pak Haji.

Kalau Robusta, variasi rasanya cenderung netral, rasanya mirip gandum. Bahkan, sebelum disangrai, biji kopinya akan beraroma seperti kacang-kacangan.

Ternyata, Indonesia adalah salah satu negara, yang menjadi produsen sekaligus eksportir kopi paling besar di dunia. Tentu hal ini didukung oleh iklim yang ideal untuk produksi kopi. Sehingga ada banyak perkebunan kopi didirikan di Indonesia, terutama di wilayah seperti Jawa, Sumatera dan Sulawesi.

Sampai saat ini, perkebunan kopi yang ada Indonesia mencapai luas 1,24 juta hektar. Terbagi ke dalam dua jenis, 933 ribu hektar merupakan perkebunan Robusta, sedangkan 307 ribu hektar adalah perkebunan arabika.

Agar kita lebih tahu tentang kopi yang ada di Indonesia, berikut ini adalah beberapa jenis kopi nusantara.

1. Kopi Luwak

Jenis Jenis Kopi
ceritamedan.com

Tentu kamu sudah nggak asing dengan kopi yang satu ini, sering dengar namanya tapi nggak pernah ngrasai cita rasa khasnya, kalau gitu kita sama, hehe. Kopi luwak merupakan kopi yang memanfaatkan lambung luak sebagai tempat pengolahannya. Buah kopi yang dimakan luak, bijinya akan dikeluarkan kembali bersama dengan kotorannya.

Setelah itu, kotoran luak akan diolah dan dibersihkan sedemikian rupa menjadi kopi enak dan nikmat.

Kopi luak sudah dikenal sejak tahun 1980 an, dan menjadi kopi dengan harga termahal. Harga dari 450 gram biji kopi luak adalah kurang lebih 100 dolar Amerika. Kopi luak bisa disajikan dengan cara tradisional lho, yaitu dengan menyeduh kopi luak bubuk didalam cangkir.

2. Kopi Toraja

Jenis kopi
ahlikopilampung.com

Kopi Toraja asalnya dari dataran tinggi Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Kopi ini sudah dikenal karena kelezatannya, dan juga cita rasa yang unik. Kopi Toraja terbagi menjadi dua jenis yaitu Kopi Toraja Robusta dan Kopi Toraja Arabika.

Kedua jenis kopi tersebut punya kandungan asam yang cukup rendah, hanya saja perbedaan dari kedua jenis ini adalah pada kandungan kafein yang ada pada masing-masing jenis kopi.

Kopi Toraja punya ciri khas yang berbeda dengan kopi yang ada dipasaran. Kopi ini punya rasa yang khas dan unik, ada unsur rasa tanah atau earthy pada kopi ini.

Rasa pahit akan langsung hilang sesaat setelah kita minum pertama kali. Sehingga, setelah merasakan kopi ini, rasa pahit tidak tertinggal.

3. Kopi Kintamani

Kopi Terbaik Indonesia
siloka.com

Kopi Kintamani asalnya dari Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Kintamani letaknya di dataran tinggi yang sejuk, sehingga kopi bisa tumbuh sumbur di wilayah ini. Cara menanam kopi di daerah ini adalah dengan cara tumpang sari, kopi ditanam bersama dengan tanaman lain, contohnya seperti jeruk dan sayuran.

Rasa dari kopi Kintamani ini bisa dibilang unik, perpaduan rasa buah-buahan yang asam dan segar. Hal tersebut dipengaruhi sistem penanamannya yang tumpang sari tadi. Selain rasa buah, kopi Kintamani juga punya cita rasa yang lembut dan tidak berat.

4. Kopi Aceh Gayo

Kopi Aceh Gayo tentu saja dari Serambi Mekah, Aceh. Kalau kamu berkesempatan main ke Gayo, kamu akan melihat bahwa mayoritas masyarakatnya bertani kopi. Kopi jenis Arabica mendominasi jenis kopi di sini. Jadi, kopi Arabica dari tempat ini adalah yang terbesar se Asia.

Kopi Aceh Gayo punya ras yang khas, rasa pahitnya tidak tertinggal dilidah. Bahkan, rasa pahit hanya sedikit terasa pada kopi ini. Kopi Aceh Gayo adalah kopi yang harum, gurih, tanpa rasa pahit terlalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *