kerajaan islam indonesia

Mengenal Kerajaan Islam di Indonesia

Negara Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang mayoritas penganut agamanya ialah Islam. Sekitar 85% penduduk Indonesia menganut agama Islam. Kerajaan Islam di Indonesia sendiri juga terhitung sangat banyak.

Masing-masing kerajaan tentu mempunyai sejarah tersendiri. Beberapa di antara kita mungkin masih belum tahu betul apa saja kerajaan Islam di Indonesia yang pernah menorehkan sejarah.

Daftar Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia

1. Kerajaan Demak

Siapa yang belum mengenal Kerajaan Demak ini. Kerjaan Demak merupakan kerajaan Islam pertama dan terbesar di Jawa. Konon katanya menurut adat Jawa kerajaan ini merupakan turunan dari Kerajaan Majapahit. Kerajaan Demak berdiri pada tahun 1475 dan runtuh pada tahun 1554.

Meskipun kurun berdirinya kerajaan ini sangat singkat, namun kerajaan ini membawa dampak yang begitu besar pada masanya. Salah satu dampaknya ialah penyebaran agama Islam di Pulau Jawa.

Kerajaan ini tercatat memiliki 5 raja yang pernah berkuasa yaitu Raden Fatah, Pati Unus, Sultan Trenggono, Sunan Prawata, dan Arya Penangsang. Akhir dari kerajaan ini ditandai dengan tewasnya raja Arya Penangsang di tangan Sutawijaya, anak angkat dari Joko Tingkir, yang sebelumnya melancarkan pemebrontakan.

2. Kerajaan Cirebon

Kerajaan Islam di Indonesia yang cukup besar pada abad15-16 Masehi di Jawa Barat yaitu Kerajaan Cirebon. Kasultanan Cirebon pertama kali didirikan pada tahun 1430. Penguasa atau Sultan pertama yang menjabat di kerajaan adalah Pangeran Walangsungsang sebagai Sultan Cirebon I yang menjabat dari tahun 1430-1479.

Pada tahun 1479 Sultan Cirebon I menyerahkan kekuasaannya pada Sunan Gunung Jati (keponakannya sendiri) dan menjabat sebagai Sultan Cirebon II. Selanjutnya, Sultan yang menjabat ialah Sultan Abdul Karim selaku penguasa Kasultanan Cirebon terakhir sebelum terbagi menjadi dua kasultanan, yaitu Kesultanan Kasepuhan dan Kanoman.

3. Kerajaan Banten

kerajaan banten
yuksinau.id

Kerajaan Banten merupakan kerajaan Islam yang berada di Pasundan, Banten pada thaun 1526. Sultan Maulana Hasanudin ialah sultan pertama yang memimpin kerajaan tersebut. Sedangkan sultan terakhirnya adalah Sultan Maulana Muhammad Syafiudin.

Sultan atau raja yang terkenal di Kerajaan Banten ialah Sultan Agung Tirtayasa, di mana pada masanya terjadi kejayaan Kerajaan Banten. Pada tahun 1813 oelh Pemerintah Kolonial Inggris membubarkan Kerajaan Banten.

4. Kerajaan Aceh

Kerajaan Aceh pertama kali dibentuk pada 1496 setelah Sultan Ali Mughayat Syah dinobatkan sebagai Sultan untuk pertama kalinya dan menjadi pemimpin pertama Kaultanan Aceh Darussalam.

Kerajaan Aceh terkenal karena perlawanan dan penolakannya terhadap imperialisme Eropa yang dibawa para penjajah nusantara pada waktu itu. Pemimpin terakhir Kerajaan Aceh ialah Sultan Alaiddin Muhammad Daud Syah.

5. Kerjaaan Perlak

Kerajaan Islam ini berdiri tahun 840 hingga 1292. Sultan pertama seklaigus pendiri Kerajaan Perlak adalah Sultan Alaiddin Syed Maulana Abdul Aziz Shah. Sedangkan Sultan terakhir Kerajaan Perlak ialah Sultan Makhdum Malik Abdul Aziz Johan berdaulat dari tahun 1267 hingga 1292.

Selain 5 kerajaan yang diulas tersebut, masih ada beberapa kerajaan yang juga mengisi jajaran Kerajaan Islam di Indonesia.

Kerajaan tersebut diantaranya ialah Kerajaan Banjar, Kerajaan Mataram Islam, Kerajaan Pajang, Kerajaan Samudra Pasai, Kerajaan Malaka, Kerajaan Maluku, Kerajaan Gowa, Kerajaan Ternate, Kerajaan Tidore, dan Kerajaan Buton.

Begitu banyak kerajaan-kerajaan Islam yang ikut serta dalam menyebarluaskan agama Islam. Dengan demikian, kita sebagai generasi penerus setidaknya mengetahui informasi tentang apa saja dan sejarah berbagai kerajaan Islam di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *