makanan khas cianjur

Makanan Khas Cianjur

Makanan Khas Cianjur – Cianjur, Jawa Barat memiliki sejumlah kuliner khas yang unik dengan rasa yang dijamin dapat menggoyang lidah. Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat, semuanya wajib dicicipi saat kita tengah berada di Cianjur.

Ragam makanan khas Cianjur ini juga terbuat dari bahan yang beraneka ragam. Mulai dari daging, tahu hingga tepung terigu. Makanan-makanan khas ini bisa jadi tujuan wisata kuliner selama kita berada di Cianjur. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Sate Ayam Bumi Nini

sate ayam bumi nini makanan khas cianjur
klikhotel.com

Sate ayam tentu sudah jadi kuliner yang umum ditemukan di mana-mana. Namun di Cianjur, ada satu sate yang terbilang khas serta menjadi ikon wisata kuliner tersendiri. Bahkan, sate ayam satu ini termasuk dalam makanan khas Cianjur.

Namanya Sate Ayam Bumi Nini. Cita rasanya sungguh menggoda serta lezat jika dibandingkan jenis sate yang lain. Sate Ayam Bumi Nini juga terkenal sangat digemari oleh masyarakat lokal di Cianjur dan seantero Jawa Barat.

Sate Ayam Bumi Nini dijual di sebuah warung makan yang ada di Jalan Raya Puncak Cisarua km 81. Ini menjadikannya sebagai wisata kuliner yang sekalian bisa didatangi saat kita tengah berada di Puncak.

Sejuknya udara di Puncak bisa dinikmati sembari menyantap seporsi Sate Ayam Bumi Nini yang terkenal kelezatannya. Sate ayam ini terutama akan semakin lezat apabila disantap dalam keadaan hangat dengan tambahan lontong serta segelas minuman hangat.

2. Batagor Cianjur

Batagor tidak hanya ada di Bandung. Nyatanya, batagor Cianjur termasuk dalam salah satu makanan khas Cianjur yang wajib dicicipi sebelum meninggalkan kota ini. Campuran batagor serta kuah bumbu kacangnya akan cukup mengganjal perut yang kelaparan.

Tambahan timun atau acar akan semakin menambah kelezatannya. Warung batagor yang ada di Cianjur bisa didatangi karena rasa yang enak dan harga yang cukup terjangkau.

3. Tauco

makanan khas daerah cianjur
resepkoki.id

Makanan khas Cianjur berikutnya adalah tauco. Salah satu merk tauco terkenal ialah Tauco Cap Meong produksi Nyonya Tasma. Pergilah ke Jalan HOS Cokoraminoto yang menjadi pusat produksi tauco legendaris ini.

Toko Tauco Cap Meong hampir selalu penuh di kala musim liburan. Tauco bikinan Nyonya Tasma ini memang terkenal akan aromanya yang harum serta penyajian dalam wadah kuali tanah liat panas sehingga memiliki ciri khas tersendiri.

Satu botolnya dibanderol dengan harga Rp15.000 saja. Tauco Cap Meong sendiri sudah eksis sejak tahun 1880 sampai sekarang. Bahan serta proses pembuatannya juga masih mempertahankan resep aslinya.

4. Moci

Makanan khas Cianjur bukan hanya makanan berat, karena ada pula makanan ringan atau camilan. Salah satunya adalah moci yang terbuat dari campuran tepung terigu dan kacang tanah. Dalam penyajiannya, moci akan dilumuri tepung kemudian diolah dengan teknik khusus.

Hasil akhirnya adalah kuliner khas yang menggugah selera. Moci Cianjur umumnya akan dijual dalam kemasan kotak kecil dari bambu atau besek. Satu kotaknya dijual dengan harga terjangkau, yaitu antara Rp4.000 hingga Rp5.000 saja.

Itulah aneka makanan khas dari Cianjur yang bisa kita dapatkan di kota ini. Menemukan penjual makanan khas di Cianjur terbilang mudah terutama apabila kita mengunjungi langsung produsennya atau pusat wisata kuliner yang ada di sana.

Tidak lengkap rasanya berkunjung ke Cianjur kalau belum mencoba Sate Ayam Bumi Nini dan batagornya yang khas. Apalagi, jika kembali ke kampung halaman tanpa membawa moci serta tauco yang legendaris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *