Lezatnya 3 Makanan Khas Sulawesi Penggugah Selera

Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memang penuh dengan segudang cita rasa kuliner yang lezat. Tidak terkecuali ketiga makanan yang akan kami bahas di bawah ini. Makanan khas Sulawesi ini sudah menjadi primadona di berbagai wilayah. Hampir seluruh daratan di Indonesia mengenal ketiga namanya.

Mereka adalah bubur manado, coto makasar dan buras. Untuk mengetahui kelebihan ketiga makanan lezat ini, berikut adalah uraian singkatnya.

1. Bubur manado

wikipedia.org

Bubur manado merupakan makanan khas Sulawesi yang sudah terkenal kelezatan rasanya. Buburnya yang lembut dipadu dengan berbagai macam sayuran sehat di dalamnya, menjadikan bubur manado incara semua pecinta kuliner.

Pada dasarnya pembuatan bubur manado hampir sama dengan bubur-bubur pada umumnya. Perbedaanya hanya pada topping yang menyertai di dalamnya. Jika bubur yang biasa kita temuai salah satunya adalah bubur ayam.

Jika bubur ayam memiliki topping irisan daging ayam, taburan bawang merah dan kacang goreng, berbeda dengan bubur Manado. Pertama-tama, beras harus dicuci bersih sebelum direbus. Lalu rebus nasi sampai mengental. Sebelum bubur benar-benar matang, campurkan irisan bayam, kangkung, labu kuning dan daun kemangi.

Semua sayuran tersebut harus dimasukan sesaat sebelum bubur matang. Pastikan jangan terlalu lama merebus sayuran karena akan mengurangi nilai gizi yang ada di dalamnya.

Bahkan jika kamu mau, makanan khas Sulawesi ini juga bisa kamu tambahi ubi jalar merah atau pipilan jagung muda. Dijamin, rasanya yang lezat bisa membuatmu tergoda.

2. Coto makasar

cookpad.com

Makanan berat selanjutnya yang menjadi ciri khas kuliner Sulawesi adalah coto makasar. Bagi kamu yang belum pernah merasakan coto makasar, jangan dulu membayangkannya seperti soto daging. Walaupun beda tipis antara nama “coto” dan “soto”, namun kedua makanan ini cukup berbeda mulai dari rasa hingga bentuk.

Jika soto yang selama ini kita tahu terbuat dari santan kepala, maka coto makasar terbuat dari air cucian beras yang dicampur dengan kacang tanah tumbuk. Jangan bayangkan lagi bagaimana rasanya, sudah pasti sangat lezat. Apalagi ditambah dengan campuran berbagai macam rempah-rempah yang semakin menambah cita rasa coto makasar.

Coto makasar sendiri merupakan salah satu makanan khas Sulawesi yang sudah tersebar di hampir seluruh pelosok Indonesia. Di dalam coto makasar terdapat jeroan daging sapi yang bertekstur empuk dan tidak berbau. Rempah-rempah yang digunakan biasanya terdiri dari bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, merica, dan jinten. Coto makasat juga paing nikmat jika dimakan dengan menggunakan ketupat.

3. Buras

okezone.com

Siapa yang menyangka bahwa sesungguhnya buras memang asli dari Sulewesi. Jika kamu berkenjung ke kecamatan Losari Kidul Kabupaten Cirebon Jawa Barat, di sana juga terdapat makanan yang bernama buras.

Hanya saja, kedua buras ini memiliki perbedaan dan hal rasa. Jika buras Cirebon biasanya memiliki isian seperti isian pastel, maka buras Sulawesi tampil tanpa isian apapun. Jika buras Cirebon cukup memakannya dengan cocolan saos sambal, maka buras Sulawesi memiliki cocolan khasnya. Yaitu campuran dari parutan kelapa kering, gula, cabai dan garam.

Makanan khas Sulawesi ini paling nikmat jika dimakan bersama secangkir teh hangat di sore hari. Buras Sulawesi memang hampir sama dengan lontong, hanya saja jika rasa lontong terkesan tawar, maka berbeda dengan buras makasar. Makanan ini memiliki rasa gurih seperti buras Cirebon pada umumnya.

Nah setelah ini pastikan kamu segera mencoba ketiga makanan khas Sulawesi di atas. Dijamin kamu pasti ingin makan lagi-lagi dan lagi setelah mencobanya.

Jika kamu membutuhkan berbagai macam mesin makanan dan minuman. Bisa langsung berkunjung ke website ramesiamesin.com. Ramesia menjual jenis Mesin Es Krim, Mixer Roti, Mesin Bakso dan masih banyak yang lainya. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *