Manfaat Bunga Kitolod

Manfaat Bunga Kitolod Untuk Kesehatan Tubuh dan Mata

Manfaat Bunga Kitolod – Bunga Kitolod adalah salah satu jenis tanaman obat herbal yang cukup mudah untuk di temukan dan tumbuh liar di  sekitar kita. Adapun kandungan daun kitolod ini di ketahui di antaranya seperti saponin, alkaloid, polifemol dan saponin.

Beberapa masyarakat memang sudah lama menggunakan bunga dan juga daun kitolod ini untuk dijadikan sebagai obat untuk mengatasi masalah kesehatan, seperti, menyembuhkan luka, sakit gigi, radang tenggorokan, asma, katarak, dan obat kesehatan mata.

Manfaat Bunga Kitolod

Bagian dari tanaman kitolod yang ampuh dalam menyembuhkan penyakit adalah bunga dan daunnya. Hindari pemakaian pangkal batang kitolod karena mengandung racun. Berikut ini adalah manfaat bunga kitolod yang biasa digunakan untuk pengobatan tradisional.

  1. Manfaat Bunga Kitolod Sebagai Obat Mata

Khasiat daun kitolod yang pertama yaitu ampuh untuk menyehatkan mata Anda. Daun ini mengandung senyawa yang akan melindungi kesehatan mata serta mencegah penyakit rabun menyerang mata anda.

Cara menggunakannya adalah ambil beberapa bunga kitolod hingga ke pangkal tangkai bunganya. Rendam bunga tersebut dalam air bersih selama beberapa menit, lalu teteskan air dari ujung tangkai bunganya ke mata anda sebanyak 2-3 tetes. Awalnya mata anda akan terasa perih dan sepat, ulangi hal ini sebanyak 3 kali dalam sehari.

  1. Obat Asma dan Radang Tenggorokan

Obat Asma dan Radang Tenggorokan

Manfaat daun kitolod yang cukup penting untuk pernapasan adalah dengan mengobati asma. Daun ini akan meredakan asma bagi penderitanya. Manfaatnya juga akan mengurangi gejala asma agar tidak sering kambuh.

Caranya adalah dengan merebus 2-3 daun kitolod yang bersih, setelah itu airnya disaring dan diminum hingga 2 kali sehari.

  1. Sebagai Antibiotik

Daun kitolod dapat berperan sebagai antibiotic alami untuk luka ringan seperti lecet atau robek. Daun ini akan menjadi obat luar yang alami agar luka Anda cepat mongering dan mempercepat pembentukan kulit baru dalam masa penyembuhan.

Cara penggunaannya daun kitolod ditumbuk dan dibalurkan pada luka dan sekitarnya. Cara ini tidak di anjurkan untuk luka besar dan dalam.

  1. Obat Sakit Gigi

Obat Sakit Gigi

Gigi yang sehat juga memerlukan struktur yang kuat. Itulah manfaat dari menggunakan daun kitolod untuk gigi Anda. Gigi Anda tidak hanya akan sembuh dari rasa nyeri dan sakitnya, namun juga lebih kuat dan sehat.

Caranya adalah tumbuk 2 lembar daun kitolod hingga halus dan letakkan ke dalam gigi yang berlubang. Cara ini sebenarnya hanya bertindak sebagai penghilang rasa sakit saja, untuk penyembuhan anda bisa melakukan pencabutan atau penambalan gigi.

  1. Obat Katarak

Seperti yang sudah dikatakan di awal tadi, bunga kitolod sangat bagus untuk kesehatan mata. Bahkan katarak yang merupakan penyakit mata yang biasanya disembuhkan dengan cara operasi, bisa sembuh dengan pengobatan menggunakan bunga kitolod.

Caranya adalah ambil selembar daun kitolod, patahkan tulang daunnya,tekan hingga mengeluarkan air dan campur airnya dengan 5 sendok makan air bersih. Teteskan ke mata yang mengalami katarak.

  1. Kanker

Obat Kanker

Khasiat daun kitolod untuk mencegah kanker adalah dengan melindungi kesehatan sel di dalam tubuh anda agar tidak mudah rusak dan menjadi sel kanker. Dengan begitu, penyakit kanker bisa dicegah lebih alami.

Rebus 3 lembar daun kitolod yang masih menempel di batangnya (hindari pangkal batang) dalam 5 gelas air bersih, biarkan menguap hingga hanya menyisakan 1 gelas air dan minum 1 kali sehari. Karena rasanya tidak enak, anda tidak harus menghabiskannya dan dapat meminumnya sedikit demi sedikit.

Itulah beberapa manfaat dari bunga kitolod yang biasa digunakan sebagai obat-obatan.  Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjaga kesehatan dengan memanfaatkan khasiat bunga kitolod.

Tidak masalah untuk mencoba pengobatan alternatif tapi jangan lupa untuk tetap konsultasikan kesehatan atau penyakit anda kepada dokter untuk hasil yang lebih pasti…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *