manfaat labu siam

Kandungan Gizi dan Manfaat Labu siam Untuk Kesehatan

Manfaat Labu Siam – Labu siam adalah salah satu sayuran yang sangat masyhur di Indonesia. Meskipun tampak seperti buah, labu siam termasuk salah satu jenis sayuran. Buah sayuran ini banyak dikomsumsi oleh masyarakat indonesia, karena sayuran ini memiliki rasa yang segar dan bisa diolah dalam berbagai macam aneka masakan.

Labu siam bukan tanaman asli Indonesia. Tanaman ini berasal dari wilayah Siam di Thailand, sesuai dengan namanya. Labu siam dikenal dengan dengan nama chayote. Adapun di wilayah Jawa, labu siam lebih dikenal dengan sebutan jipang.

Bentuk labu siam mirip seperti buah pear. Buahnya memiliki dua bentuk warna yaitu warna hijau dan warna putih. Yang berwarna hijau lebih banyak tersebar di wilayah indonesia.

Kandungan Gizi Labu Siam

kandungan gizi dan manfaat labu siam
khasiatsehat.com

Selain rasanya yang segar, sayuran ini mengandung banyak nutrisi yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh.
Dalam 100 gram siam terdapat kalsium sebanyak 14 mg, fostor 25 mg, serta zat besi sebanyak 0,5 mg.

Sayuran ini juga mangandung protein sebanyak sebesar 0,6 gram, karbohidrat sebanyak 6,5 garam, dan lemak 0,1 gram. Selain itu, dalam 100 gram buah sayuran ini menghasilkan energi sebanyak 29 kilo kalori (kkal).

Sayuran ini mengandung vitamin Csebanyak 18 mg. Labu siam juga mengandung vitamin B sebanyak 0,02 mg dan vitamin A sebanyak 6 mg. Dan masih banyak lagi kandungan gizi lainnya. Silahkan liat tabel di bawah ini.

Energi 19 Kcal
Karbohidrat 4.51 g
Protein 0.82 g
Total Lemak 0.13
Kolesterol 0 mg
Serat 1.7

Vitamin:
– Folat 93 µg
– Niacin 0.470 mg
– Riboflavin 0.029
– Vitamin A 0 IU
– Thiamin 0.25
– Vitamin C 7.7 mg
– Pyridoxine 0.076 mg
– Vitamin E 0.12 mg
– Asam Pantothenic 0.249 mg
– Vitamin K 4.1 µg

Mineral
– Kalcium 17 mg
– Zat Besi 0.34
– Magnesium 12 mg
– Zat Mangan 0.189 mg
– Fostor 18 mg
– Selenium 0.2 µg
– Zinc 0.74 mg

Elektrolit
– Sodium 2 mg
– Potassium 125 mg

Manfaat Labu Siam

manfaat labu siam untuk kesehatan
jurnalasia.com

1. Manfaat Labu Siam Untuk Menambah Stamina

Makan labu siam dapat menambah stamina anda, karena dalam sayuran ini terdapat potassium salah satu jenis elektrolit yang sangat berguna sebagai sumber stamina tubuh. Ada sekitar 125 mg potassium per 100 labu siam.

2. Labu Siam Sebagai Sumber antioksidan

Sayuran ini mengandung 7,7 vitamin C yang merupakan salah anti oksidan untuk mencegah kerusakan sel serta mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Anda dapat memenuhi 13% dari total kebutuhan vitamin C yang dianjurkan setiap harinya dengan mengkomsusi 100 gram labu siam.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Salah satu cara menurunkan tekanan darah tinggi, yaitu dengan mengkomsumsi labu siam. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Purdue membuktikan bahwa buah sayuran ini dapat menurunkan tekanan darah tinggi, jika dikonsumsi dalam bentuk minuman, seperti juz dan lain-lain.

4. Menurunkan Berat Badan

Kandungan kalori dalam buah labu siam sangat rendah seperti pada labu-labu lainnya. Dalam 100 gram buahnya, hanya terdapat sekitar 16 kalori saja. Buah sayuran ini tidak mengandung lemak jenuh dan kolestrol sama sekali, seperti yang dapat anda lihat pada tabel di atas. Kandungan serat dalam labu siam juga cukup tinggi.

Karena itulah, labu siam merupakan sayuran yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, terutama bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

5. Menurunkan Kolestrol

Sebagaimana yang dapat anda lihat pada tabel di atas, sayuran ini tidak mengandung lemak jenuh, bhakan kandungan kalorinya sangat sedikit. Oleh karen itu, labu siam dapat sangat ampuh untuk mengendalikan tingkat kolestrol yang tinggi. Sehingga penderita kolestrol tinggi sangat dianjurkan mengkonsumsi sayuran ini.

6. Mencegah Penyakit Kanker

Labu siam mengandung apigenin dan luteolin yang merupakan zat antioksidan.Keduanya sangat bermanfaat untuk membersihkan dan melawan radikal bebas penyebab kanker yang terdapat dalam tubuh kita.

7. Mengobati Batu Ginjal

Daun labu siam dapat digunakan untuk mengobati batu ginjal. Hal ini sebagaimana yang disebutkan pada sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas North Florida. Selain itu, labu siam juga bisa menurunkan darah tinggi.

Demikianlah ulasan singkat mengenai kandungan gizi dan beberapa manfaat labu siam dan tentunya masih sangat banyak lagi manfaat lain dari sayuran ini. Maka dari usahakanlah agar sayuran ini ada dalam daftar menu makan harian keluarga anda.
Lalu, adakah efek samping dari labu siam? Selama dikonsumsi dalam takaran yang wajar, labu siam tidak menimbulkan efek samping yang buruk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *