Menelusuri Hutan Alami DI Taman Hutan Raya Ir H Djuanda Bandung

Sedang berlibur ke bandung dan bingung ingin mengunjungi tempat wisata apa. Cobalah untuk mengunjungi taman hutan raya Ir H Djuanda. Tempat ini cocok buat anda yang ingin menelusuri hutan yang alami. Cocok juga untuk wisata bersama anak-anak. Supaya mereka mengenal dan mencintai alam dengan lebih baik. Tempat wisata ini lebih dikenal dengan tahura juanda. Sebuah hutan konservasi yang digunakan untuk menjaga berbagai macam flora dan fauna khas indonesia yang hampir punah. Anda bisa merasakan alam yang sejuk dan alami. Untuk menghilangkan stres karena penatnya suasana kota

Mengenal Lebih Dekat Tentang Tahura Juanda

Siapa itu Ir H Djuanda? Beliau adalah mantan seorang perdana menteri indonesia di era demokrasi parlementer. Beliau yang telah mencetuskan deklarasi djuanda pada 13 desember 1957. Dari deklarasi tersebut, dicetuskan bawah laut dan pulau nusantara adalah sebuah satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Berkat deklarasi tersebut, negara indonesia yang terdiri dari pulau menjadi kedaulatan negara yang utuh, tidak bisa dijajah asing dengan mudah. Karena negara kita memang terdiri dari banyak pulau. Karena jasa itulah, nama beliau dijadikan sebagai nama sebuah taman hutan raya di bandung.

Walaupun sebuah hutan. Tapi lokasinya dekat dengan pusat kota bandung. Bahkan berkat objek wisata di bandung ini, kota bandung menjadi lebih sejuk dan disinilah paru-paru kota bandung yang masih terjaga dengan baik. Dulu luasnya hanya sekitar 10 hektar, tapi kini sudah mencapai 590 hektar. Membentang dari kawasan maribaya lembang sampai daerah dago pakar. Jadi untuk menelusurinya memang butuh, tenaga yang besar. Berjalan kaki saja pasti sudah sampai. Tempat ini buka dari jam 8 pagi sampai 6 sore. Setiap harinya selalu penuh dengan wisatawan untuk menikmati suasana yang sejuk.

Rute Menuju Ke Taman Hutan Raya Juanda

Untuk masuk ke taman hutan raya Ir H djuanda ini, ada tiga pintu gerbang yang bisa anda lalui. Pertama melalui pintu gerbang pakar dago. Dari terminal dago, anda hanya perlu lurus sebentar. Nanti akan terlihat pintu gerbangnya. Lokasinya masih satu arah dengan tebing keraton, yang popular itu. Jadi untuk masuk ke tebing keraton, anda harus melalui jalur ini. Yang kedua melalui pintu gerbang lembang. Lokasinya tidak jauh dari tempat wisata maribaya lembang. Berada di tepi jalan raya.. Jadi sangat mudah dijangkau. Yang ketiga melalui PLTA bengkok, yang dekat dengan curug dago. Yang paling mudah tentunya lewat pintu gerbang pakar dago. Karena menjadi pintu gerbang utamanya.

Tempat Wisata Di Taman Hutan Raya Juanda

Disini, anda tidak hanya bisa menikmati hutan yang rindang saja. Tapi ada banyak tempat wisata tahura djuanda lain yang bisa anda kunjungi. Di dalam tahura terdapat goa jepang yang sudah dibangun sejak 1942. Anda bisa menelusuri goa sepanjang 600 meter ini. Selain goa jepang, juga ada goa belanda yang dibangun tahun 1918. Dulu dijadikan sebagai markas militer, pusat komunikasi, PLTA dan lainnya. Bahkan didalam tahura, ada sebuah air terjun bernama curug ormas. Sering dikenal sebagai curug maribaya, karena lokasinya berada di maribaya lembang. Untuk melihat air terjun ini, lebih baik masuk lewat pintu gerbang maribaya lembang.

Selain itu ada tebing keraton yang masih popular, anda bisa melihat keindahan kota dago bandung dari atas. Ada juga penangkaran rusa dan lainnya. Disini anda bisa melakukan hiking ringan sambil menikmati alam yang asri. Tiket masuk taman hutan raya Ir H Djuanda hanya sekitar Rp 11.000 saja. Jadi jangan lupa untuk mengunjungi tempat ini ketika ke bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *