Pengertian dan Fakta-fakta Deep Web

Ada banyak orang yang belum tahu bahwa di dunia internet, ada banyak situs yang tak dapat ditemukan/dijangkau oleh siapapun, sehingga disebut dengan situs tersembunyi. Penyebabnya adalah, karena situs itu memang tidak bisa ditemukan oleh jenis mesin pencarian apapun.

Segala hal yang ada pada internet, tetapi tak dapat ditemukan oleh mesin pencarian, merupakan pengertian deep web.

Itulah yang disebut dengan deep web. Mesin pencarian ternama sekelas Google, Yahoo, Bing dan sebagainya juga tidak dapat mendeteksi situs terdalam/tersembunyi tersebut.

Namun, jangan berpikir bahwa isi dari deep web itu sendiri hanyalah hal-hal yang membahayakan atau hal-hal yang berkaitan dengan hacker yang konotasinya negatif. Ada banyak jenis isi dari deep web tersebut.

Pengertian Deep Web

pengertian deep web

Deep web juga sering disebut dengan hidden web atau situs yang memang disembunyikan. Dalam kenyataannya, deep web juga tetap menjadi bagian dari protokol www.

Hanya saja keberadaan deep web itu sendiri tidak masuk ke wilayah/area publik, sehingga situs tersembunyi ini tidak bisa diakses oleh siapapun atau oleh masyarakat luas.

Mengapa situs itu harus disembunyikan? Bukan tanpa alasan, penyembunyian situs ini dikarenakan oleh banyaknya konten yang terpendam dan biasanya berupa suatu informasi tertentu, yang tentu saja tak bisa diakses begitu saja oleh orang-orang biasa.

Bahkan, pencarian situs deep web ini pun tidak mudah seperti ketika Anda browsing suatu situs tertentu di mesin pencarian Google.

Anda tidak perlu berpikir bahwa apa yang disembunyikan ini adalah sesuatu yang berbahaya, karena deep web itu sendiri sebenarnya tidak berbahaya.

Biasanya, yang termasuk ke dalam kategori deep web ini adalah server lokal suatu universitas/kampus tertentu, layanan aplikasi sebuah pesanan secara instan yang hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu, atau aplikasi yang memang hanya bisa diakses oleh karyawan dari suatu perusahaan tertentu saja.

Fakta Seputar Deep Web

deep web

Ada beragam jenis informasi dan juga data di dalam internet, yang terkadang di luar nalar atau tidak lazim dikonsumsi secara publik. Internet telah menjadi media online yang kekinian serta menjadi simbol kebebasan bagi para penggunanya.

Dalam dunia internet juga sangat banyak hal-hal kriminal yang merugikan banyak orang, terutama di sosial media seperti facebook atau instagram.

Kapasitas server dari seluruh server yang ada, jumlahnya hanya sekitar 5% saja dari total seluruh server di dalam dunia internet. Lalu, di manakah deep web ini berada?

Pertanyaan itu biasanya selalu menjadi salah satu hal yang ditanyakan banyak orang. Perusahaan seperti Facebook, Google, Microsoft dan sejenisnya, menjadi kapasitas server deep web itu sendiri.

Pentingkah Mengakses Deep Web?

Selain pertanyaan di mana letak/lokasi deep web, pertanyaan lainnya seperti penting atau tidaknya kita sebagai orang awam mengakses deep web tersebut juga sering dilontarkan banyak orang. Pada dasarnya, kita tidak terlalu membutuhkan situs yang ada di deep web itu sendiri. Namun, jika Anda ingin mengaksesnya maka ada banyak hal yang harus Anda waspadai.

Pada saat Anda mencoba mengakses situs yang ada di deep web, sebaiknya Anda tidak menulis jenis informasi apapun. Anda tidak boleh menuliskan alamat email dan password yang biasa Anda gunakan di platform lainnya.

Selain itu, Anda juga tidak boleh asal menekan tombol apa saja yang tersedia di sana, karena isi dari apa yang Anda klik tersebut bisa saja mengandung virus/malware.

Pada dasarnya, pengertian deep web ini adalah situs yang memang sengaja disembunyikan agar tidak mudah atau tidak bisa diakses oleh sembarang orang. Meskipun begitu, deep web ini sifatnya masih aman dan tidak berbahaya.

Itu tadi pengertian singkat deep web dikutip dari Tisucoding yang merupakan situs teknologi informasi terbaru. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *