8 Keunikan Rumah Adat Jambi Kajang Leko yang Wajib Kamu Ketahui!

Jambi adalah salah satu Provinsi yang terletak di wilayah Pulau Sumatera. Suku Asli dari Orang-orang Jambi ini adalah Suku Batin. Suku Batin masih sangat menjaga adat istiadatnya termasuk rumah adat mereka yang disebut dengan Kajang Leko. Marga Batin 5 adalah awal mula masyarakat Jambi.

Pada awalnya Suku batin terdiri dari 5 kelompok Marga yang mendiami 5 dusun di wilayah pedalaman Jambi. Kampung yang hingga kini masih bertahan adalah Kampung Lamo di Rantau Panjang. Kampung ini memanjang dan menghadap ke jalan. Berikut Keunikan Kajong Leko yang perlu kamu ketahui :

1. Pelamban

Pelamban

Pelamban adalah bagian Kajang Leko yang terletak di sisi kiri dari bangunan utama. Umumnya, terbuat dari bambu belah yang diawetkan dan dipasang dengan letak yang agak berjauhan tujuannya adalah agar air mudah mengalir ke bawah.

2. Ruang Gaho

Ruang Gaho ini terdapat pada ujung sebelah kiri bangunan induk, dengan arah yang memanjang. Pada ruangan ini terdapat ruang dapur untuk memasak, ruang untuk menyimpan air dan ruang penyimpanan yang berfungsi untuk menyimpan bahan makanan.

3. Ruang Masinding

Ruangan ini terletak didepan bangunan utama yang terhubung dengan Masinding. Ketika musyawarah adat sedang berlangsung ruangan ini untuk tempat duduk orang biasa. Ruangan ini dikhususkan hanya untuk kaum laki-laki

4. Ruang Tengah

Ruangan ini terletak ditengah- tengah bangunan utama. Tidak terdapat dinding pemisah antara ruangan masinding dengan ruangan tengah. Ketika sedang melakukan musyawarah adat ruangan ini biasanya ditempati oleh kaum wanita.

Ruangan ini menampilkan kesetaraan antara wanita dan pria dalam adat Jambi, akan tetapi mereka tetap dipisahkan meskipun tidak dipisahkan oleh dinding.

5. Ruang Balik Menahan

Ruang Balik Menahan ini biasanya disebuat juga ruangan dalam. Ruangan ini berisi tempat untuk tidur orang tua dan ruang tidur anak gadis selain itu juga terdapat ruang makan yang memang tempat ini adalah tempat untuk tidur dan makan.

Bagi Masyarakat Jambi Orang Tua dan Anak Gadis diistimewakan dan memiliki kedudukan khusus dalam status sosial masyarakat Jambi.

6. Ruang Balik Melintang

Ruangan Balik Malintang ini terletak di Ujung sebelah kanan bangunan utama. Ruangan ini dibuat lebih tinggi dari ruangan lainnya, karena dianggap sebagai ruangan utama. Tidak sembarang orang bisa masuk ruangan ini. Besar ruangan ini sama dengan ruang Gaho.

Ruangan ini ketika musyawarah berlangsung adalah tempat bagi para pemuka adat dan bangsawan sehingga orang biasa tidak boleh duduk di ruangan ini. Sebab ruangan ini diskaralkan hanya bagi para pemimpin.

7. Ruang Atas/Penteh

Ruang Atas atau Penteh ini terletak disebelah atas ruangan utama. Ruangan ini dipergunakan untuk menyimpan barang.

Terutama barang- barang adat dan barang-barang berharga milik keluarga, barang berharga diletakkan diatas sebab dianggap letak yang paling aman.

8. Ruang Bawah atau Bauman

Ruang Bawah atau Bauman

Ruang Bawah atau Bauman ini terletak dibawah bangunan induk. Mengingat rumah adat Jambi berbentuk Panggung. Ruangan ini biasanya digunakan untuk menyimpan bahan makanan, memasak ketika ada pesta dan kegiatan hiburan lainnya.

Nah, Demikian 8 bagian rumah adat Provinsi Jambi yang disebut Rumah Panggung Kajang Leko. Rumah ini dibuat dengan bentuk panggung untuk menghindari bencana banjir serta binatang buas. Semoga artikel ini bermanfaat:).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *