Ciri Khas dan Teknik Dasar Pencak Silat untuk Pemula

Pencak silat merupakan salah satu ilmu bela diri asli dari Indonesia. Sejarah pencak silat sangatlah panjang, iIlmu bela diri ini sudah ada sejak jaman dahulu kala bahkan masih lestari hingga saat ini. Pada dasarnya, ada banyak sekali ilmu bela diri yang ada di dunia ini. Setiap ilmu bela diri memiliki ciri khas masing-masing.

Ciri khas ini bisa dilihat dari teknik dasar suatu ilmu bela diri. Bagi Anda yang ingin mengenal lebih jauh mengenai ilmu bela diri tradisional ini, Anda harus mengetahui teknik dasar pencak silat dan ciri khas dari pencak silat yang membedakan dengan ilmu bela diri lainnya.

Ciri-Ciri Umum Ilmu Bela Diri Pencak Silat

seni bela diri
wartakota.id

Pencak silat saat ini masih lestari diberbagai daerah di Indonesia. Ilmu bela diri ini masih terus berkembang dan dipelajari oleh banyak orang dari beragam generasi. Saking pesatnya perkembangan pencak silat di Indonesia, setiap daerah bahkan memiliki ciri khas masing-masing.

Berikut ini adalah beberapa ciri khas yang hanya dimiliki oleh pencak silat dan tidak ada pada ilmu bela diri lainnya.

1. Tidak Menggunakan Senjata

Ciri pertama yang bisa Anda amati dari ilmu beladiri pencak silat asli Indonesia yaitu dilakukan tidak menggunakan senjata. Setiap orang yang menguasai ilmu bela diri ini akan bertarung dan mempertahankan diri dengan menggunakan teknik dasar pencak silat yang mana disebut dengan jurus.

Setiap orang mempertahankan diri tanpa senjata atau dengan tangan kosong dan hanya menggunakan semua anggota tubuh saat bertarung. Berbeda dengan beberapa ilmu bela diri yang menggunakan senjata untuk mempertahankan diri.

2. Serasi dengan Alam Sekitar

Ciri khas dari ilmu bela diri pencak silat selanjutnya yaitu serasi dengan alam. Hal ini bisa terlihat dengan adab serta attitude dari orang-orang yang menguasai pencak silat.

Pencak silat akan memiliki kesopanan berdasarkan agama maupun kepercayaannya bahkan menggunakan batinnya saat bertarung. Sehingga pencak silat adalah ilmu bela diri yang tidak hanya unik namun bisa menyelaraskan diri dengan alam sekitarnya.

Teknik Dasar Pencak Silat

teknik dasar silat
madiunkota.go.id

Pada setiap jenis ilmu bela diri tentu saja memiliki teknik-teknik dasar tersediri. Pencak silat memiliki teknik dasar yang biasanya digunakan untuk mempertahankan diri. Berikut ini adalah teknik dasar pencak silat yang harus dipelajari saat berlatih pencak silat.

1. Kuda-Kuda

Kuda-kuda merupakan salah satu teknik dasar yang ada pada pencak silat. Teknik ini memiliki fungsi supaya tidak mudah dijatuhkan oleh lawan.

Pada pencak silat sendiri, kuda-kuda dibagi menjadi 6 jenis. Pada pencak silat, Anda akan berlatih mengenai kuda-kuda tengah, depan, samping, belakang, silang depan dan juga silang belakang.

Setiap jenis kuda-kuda tersebut memiliki fungsi untuk bertahan. Sehingga posisi pertahanan tubuh Anda tidak mudah dijatuhkan oleh lawan.

2. Sikap Pasang

Teknik dasar pencak silat selanjutnya yang harus dipelajari pada pencak silat yaitu sikap pasang. Sikap ini merupakan penggabungan teknik kuda-kuda dan memiliki fungsi untuk menyerang lawan.

Posisi ini selalu mengalami perubahan tergantung dengan pergerakan lawan. Sikap ini akan sangat mudah menjatuhkan lawan saat sudah mengetahui titik kelemahan lawan. Sama halnya dengan sikap kuda-kuda, sikap pasang juga dibagi menjadi beberapa sikap.

Anda akan mempelajari sikap pasang satu, dua, tiga hingga empat. Setiap sikap memilki pergerakannya masing-masing. Mengetahui teknik dasar pencak silat sangatlah penting supaya Anda bisa mempertahankan diri dengan baik dan tidak mudah untuk dijatuhkan oleh lawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *