Tempat Hunting di Banjarmasin bagi Penyuka Wisata Religi dan Kekinian

Beranjak dari rekomendasi tempat hunting foto bagi para pecinta alam, penikmat wisata religi pun juga tak kalah dimanjakan matanya di Banjarmasin. Jika kamu kebetulan berwisata di Banjarmasin, alangkah baiknya juga mengunjungi spot hunting berupa wisata religius dan spot foto kekinian yang khas. 

Tempat Hunting di Banjarmasin bagi Penyuka Wisata Religi

Tempat ibadah berbagai agama yang bersejarah dan memiliki desain arsitektur yang menarik, bisa ditemukan di kota ini. Bagi kamu penikmat wisata religi, jangan sampai tak mengunjungi ragam tempat wisata religi berikut ini.

  1. Masjid Sabilal Muhtadin

Republika.com

Jika membicarakan destinasi wisata religi atau rohani di Banjarmasin, Masjid Sabilal Muhtadin tentu harus masuk dalam kunjungan wajib. Masjid ini merupakan masjid terbesar di Banjarmasin, yang mampu menampung hingga 15 ribu Jemaah. Lokasi tempat Masjid Sabilal Muhtadin berdiri dulunya merupakan sebuah benteng pertahanan Belanda, yang dikenal dengan nama Fort Tatas.

Masjid Sabilal Muhtadin memiliki 5 menara, yang salah satunya memiliki tinggi 41 meter, dan empat menara lainnya setinggi 21 meter. Keunikan masjid ini terutama sekali terletak pada desain kubahnya, yang menyerupai tanggui, caping tradisional khas suku Banjar. Jika kamu mengunjungi masjid ini, jangan lupa untuk mengabadikan kemegahan bangunan dan keunikan arsitekturnya.

  1. Masjid Sultan Suriansyah

@usweh_1

Masjid Sultan Suriansyah merupakan masjid tertua di Banjarmasin, yang didirikan pada tahun 1526. Pembangunan masjid ini dilakukan pada masa pemerintahan Sultan Suriansyah, yang merupakan Raja Banjar pertama yang memeluk Islam. Desain bangunan Masjid Sultan Suriansyah ini terbilang cukup unik, karena menggabungkan arsitektur bangunan khas Banjar dan Demak.

Kayu ulin terlihat mengokohkan bangunan masjid, yang memiliki model atap bertumpang tiga. Pada bagian atap masjid ini, akan mudah ditemukan ukiran dengan corak khas Banjar. Saat memasuki bagian dalam masjid, kamu akan serasa dibawa kembali ke zaman saat masjid ini didirikan. Kompleks pemakaman Sultan Suriansyah sendiri, berjarak sekitar 300 meter dari masjid.

Jika kamu berangkat dari pusat kota, gunakan ojek atau kendaraan pribadi untuk mencapai masjid yang terletak di Jalan Kuin Utara ini. Selain bisa mengabadikan banyak sudut menarik dari situs bersejarah ini, kamu pun bisa menambah ilmu agama dengan mengunjungi masjid ini. Sisi historis yang dimiliki oleh masjid ini pun bisa kamu ulik lebih dalam, dengan mengunjunginya langsung.

  1. Kelenteng Soetji Nurani

www.baritopost.co.id

Keberadaan Kelenteng Soetji Nurani di Kota Banjarmasin, bisa menandakan kerukunan antar umat beragam di kota ini. Tempat ibadah etnis Tionghoa di Banjarmasin ini didirikan pada tahun 1898, menandakan bahwa sudah lebih dari 1 abad bangunan ini digunakan. Kelenteng yang telah ditetapkan sebagai cagar budaya ini, masih mempertahankan identitasnya sebagai kelenteng kuno.

Dalam kelenteng, kamu bisa menemukan tempat sembahyang, cawan, guci, serta patung kuno yang keadaannya masih terawat hingga sekarang. Beberapa peralatan tersebut bahkan ada yang dibawa langsung dari Cina. Toleransi jelas terlihat di kelenteng ini, karena di dalamnya kamu bisa menemukan lonceng dan beduk yang masing-masingnya digunakan di gereja dan masjid.

  1. Gereja Katedral Keluarga Kudus

Gereja Katedral Keluarga Kudus merupakan gereja Katolik yang berlokasi di Jalan Lambung Mangkurat, Kota Banjarmasin. Berbeda dengan bangunan di Banjarmasin dulu yang terbuat dari kayu, gereja yang didirikan pada tahun 1931 ini terbuat dari batu. Makanya, tak mengherankan jika masyarakat Banjarmasin, khususnya yang tinggal di sekitar gereja, menjulukinya Gereja Batu.

Saat melihat bangunan gereja ini, kamu akan terpana dengan desain bangunannya. Gereja Katedral Keluarga Kudus memiliki arsitektur Neo-Gotik khas Eropa. Menara jamnya yang setinggi 17 meter, masih berdiri tegak dan kokoh hingga sekarang. Jika kamu berkesempatan mengunjunginya, jangan lupa abadikan kemegahan gereja yang juga ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya ini.

Tempat Hunting di Banjarmasin bagi Penyuka Spot Foto Kekinian

Tak semua orang memikirkan kekhususan dari destinasi wisata yang mereka tuju. Asalkan suatu tempat terlihat bagus untuk difoto dan dijadikan tempat berfoto, maka tempat tersebut langsung mendapat tempat di hati pengunjungnya. Banjarmasin sendiri memiliki banyak tempat hits, yang cocok dijadikan sebagai tempat hunting foto yang menarik. Penasaran di mana saja lokasinya?

  1. Menara Pandang Banjarmasin

Wisatabanjarmasin.com

Bagi kamu yang ingin hunting foto pemandangan Kota Banjarmasin dari ketinggian, kunjungilah Menara Pandang Banjarmasin. Menara yang terdiri dari 4 lantai ini, berada tepat di tepi Sungai Martapura. Tak perlu membayar, kamu langsung bisa naik ke lantai atas menara yang didesain tanpa atap tersebut. Dari lantai atas inilah, kamu bisa menikmati keindahan Kota Banjarmasin.

Banyak hal yang bisa kamu abadikan dari lantai atas menara ini. Mulai dari aktivitas Pasar Terapung Siring yang selalu ada di setiap minggu, hingga klotok yang mengarungi Sungai Martapura sambil membawa penumpang. Saat senja menjelang, maka kamu akan disuguhi pemandangan sunset yang begitu memukau. Dijamin deh, mata kamu akan sangat dimanjakan!

  1. Patung Bekantan

Salah satu landmark Kota Banjarmasin yang sayang untuk dilewatkan begitu saja adalah Patung Bekantan. Pulau Kalimantan, khususnya Banjarmasin, memang dikenal sebagai habitat asli dari satwa endemik ini. Biar kamu kelihatan makin keren, berposelah di depan Patung Bekantan, yang tingginya 6.5 meter ini. Saat malam hari, spot ini makin indah dengan pencahayaan yang ciamik.

Melihat Patung Bekantan ini akan mengingatkanmu dengan landmark Singapura, yaitu Merlion. Mengapa demikian? Karena Patung Bekantan dan Merlion sama-sama memancarkan air dari mulutnya. Bisalah ya, kamu membuat pose seolah-olah menampung air dari mulut si Bekantan ini. Masuk ke kawasan ini gratis, kecuali kamu memakai kendaraan sehingga harus bayar uang parkir.

  1. Hutan Pinus Mentaos Banjarmasin

Hutan Pinus Mentaos berlokasi di Jalan Pangeran Suriansyah Ujung, Kota Banjarbaru. Dibutuhkan waktu paling lama sekitar 1 jam dari Kota Banjarmasin ke tempat ini, dengan memakai kendaraan. Mendengar nama tempatnya, jangan dikira kamu hanya akan melihat deretan pohon pinus saja. Tempat ini sudah disulap sedemikian rupa, agar bisa dijadikan sebagai spot foto yang kekinian.

Pada sela-sela pohon pinus yang berderet rapi, sengaja dipasang payung-payung kecil beragam motif dan warna. Tentu saja pemandangan ini akan terlihat indah, saat diabadikan oleh lensa kamera. Selain itu, deretan hammock beraneka warna yang dipasang di antara pohon pinus, juga memunculkan pesona tersendiri. Jangan lupa bawa teman ke sini, biar ada yang memotret dirimu!

Tersedianya banyak pilihan tempat hunting foto yang menarik di Kota Banjarmasin dan sekitarnya, pasti akan bikin kamu bingung untuk memilihnya. Kamu bisa memilihnya berdasarkan hobi atau pun kesukaanmu. Selain itu, pertimbangkan juga jarak dari rumahmu ke tempat hunting, agar waktumu tak banyak habis di jalan. Kamu bisa cari info rental mobil di Banjarmasin agar tidak repot. 

Selamat mengabadikan banyak momen keren dan kekinian ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *